breaking news New

Yuk Lihat Makanan Khas Dari Suku Baduy Yang Kaya Rasa

Suku Baduy merupakan salah satu Suku yang ada di Indonesia dan menempati Desa Kenekes di Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Untuk populasinya sendiri Suku Baduy yaitu sekitar 26.000 dan mereka memilih untuk mengisolasi diri dari dunia luar.

Meskipun terasing dari dunia luar, namun mereka dikenal sangat baik dan ramah. Suku Baduy sendiri terdiri dari dua kelompok, yaitu Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar. Baik Suku Baduy Luar dan Suku Baduy Dalam, mereka masing-masing memiliki budaya dan kuliner yang sangat mengesankan dan sangat khas.

Masyarakat Suku Baduy mengangkap bahwa daging ayam adalah sajian yang mewah karena tidak setiap hari bisa disajikan. Lalu, menu masakan apa saja yang biasa mereka santap setiap harinya? Simak artikel berikut.

1. Apem Putih

Mungkin kuliner khas Suku Baduy yang satu ini sering ditemukan di daerah lain, namun tentu saja apem putih khas Suku Baduy ini memiliki rasa yang berbeda dengan yang lainnya.

Apem putih khas dari Suku Baduy ini terbuat dari bahan beras yang digiling hingga menjadi tepung. Kamudian tepung tersebut dicampur dengan tape hasil fermentasi yang kemudian dibentuk menjadi apem berukuran kecil. Biasanya apem putih ini dinikmati dengan gula merah yang dicairkan agar terasa lebih manis.

2. Kue Balok Menes

Salah satu makanan khas Suku Baduy ini terbuat dari bahan dasar singkong putih. Singkong tersebut dikupas dan dicuci sampai bersih dan dibentuk menjadi segi empat. Setelah dipotong-potong, kemudian singkong tersebut direbus hingga matang dan dihaluskan dengan cara digiling atau ditumbuk.

Biasanya kue balok menes disajikan bersama dengan serundeng dan bawang goreng sebagai pelengkap. Kue ini memiliki cita rasa yang tidak terlalu terasa singkongnya karena dipadukan dengan rasa gurih dari serundeng dan bawang goreng.

3. Pasung Merah

Sajian ini merupakan kue khas yang biasanya disajikan dalam acara kecil hingga acara besar di Suku Baduy. Pasung merah memiliki rasa yang manis, karena perpaduan antara masakan Jawa dan Sunda.

Kue yang satu ini memiliki tekstur yang kenyal dan memiliki ciri khas wadahnya yang unik yaitu berbentuk kerucut dan terbuat dari daun nangka atau daun pisang sehingga bisa menambah aroma pada kue ini.


Demikianlah beberapa makanan khas dari Suku Baduy yang dikenal memiliki cita rasa khas. Namun, jika kamu ingin mencicipinya, kamu tidak harus datang ke Suku Baduy, karena kuliner khas Suku Baduy juga bisa ditemukan di kawasan Banten dan sekitarnya. Selamat mencoba.