breaking news New

Siapa Bilang Di Madura Cuma Ada Sate? Inilah Beberapa Rekomendasi Makanan Khas Madura

Berbicara mengenai kuliner khas Madura, tentu salah satu yang pasti diingat dan sangat populer yaitu sate Madura. Kenikmatan makanan khas Madura yang satu ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi apalagi dilihat daeri menjamurnya pedagang sate khas Madura di ebrbagai daerah di Indonesia.

Tapi, makanan khas Madura tidak hanya mengenai sate saja loh, Kamu bisa berkunjung ke Madura untuk menjelajahi kuliner khas Madura yang lain, tentu saja tidak kalah sedapnya seperti berikut ini.

1. Lorjuk

Kuliner yang satu ini merupakan olahan dari kerang bambu yang sangat khas karena bentuknya yang memanjang. Lorjuk sendiri bisa diolah menjadi beragam olahan kuliner seperti tumis lorjuk, lorjuk goreng, hingga cemilan seperti rengginang lorjuk.

Lorjuk memiliki cira rasa yang gurih, yang tentu saja membuat makanan yang satu ini sangat sayang untuk dilewatkan.

2. Nasi Serpang

Makanan ini hampir sama dengan nasi campu lainnya, namun makanan ini menyuguhkan hidangan yang berbeda dibanding nasi campur pada umumnya. Biasanya nasi campur lainnya dilengkapi dengan sambal tomat, nasi serpang ini dilengkapi dengan sambal terasi.

Selain sambal terasi, nasi serpang juga dihidangkan dengan berbagai macam lauk seperti kerang, telur, bihun, dendeng, pepes ikan, tahu kerupuk, peyek kacang dan disiram dengan kuah santan saat nasi dalam keadaan hangat.

3. Topak Ladhe

Biasanya topak ladhe sangat mudah ditemukan saat memperingati hari raya Idul Fitri. Kuliner yang satu ini sangat mirip dengan sayur lodeh atau opor dengan campuran jeroan sapi yang diolah.

Namun, saat ini jeroan tersebut digantikan dengan daging ayam atau sapi bisa disesuaikan dengan selera. Biasanya topak ladhe ini disajikan dengan ketupat yang disiram dengan kuah topak ladhe dengan toping kacang panjang yang direbus.

4. Bebek Sangkem

Bebek sangkem merupakan olahan bebek yang dimasak dengan dibungkus daun pisang, hampir mirip dengan pepes, namun yang membedakan yaitu bumbu atau rempah yang digunakan.

Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat bersama dengan lalapan serta sambal khas Madura. Untuk cita rasanya tidak perlu diragukan lagi, sudah pasti nikmat dan bikin nagih.

5. Kaldu Kokot

Kaldu ini terbuat dari bahan tulang sapi yang dimasak dengan berbagai macam rempah hingga mengeluarkan rasa gurih dari sumsum tulang tersebut.

Biasanya makanan ini disajikan dengan lontong dan makanan pendamping lainnya seperti kerupuk dan sambal.

Itulah beberapa makanan yang bisa dijadikan referensi untuk Kamu yang ingin berburu kuliner di Madura. Ternyata tidak hanya sate Madura yang terkenal, masih banyak lagi makanan khas Madura yang lainnya.