Mari Berkenalan Dan Mendapatkan Manfaat Dari Yoga Buat Tubuh

Ilustrasi seseorang sedang melakukan yoga Ilustrasi seseorang sedang melakukan yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga dan teknik meditasi yang berasal dari India. Yoga telah ada sejak ribuan tahun yang lalu, tercantum dalam teks-teks spiritual Hindu dan Budha. Gerakan-gerakan yang ada pada yoga biasanya meliputi latihan pernapasan, gerakan tubuh, dan meditasi yang bertujuan untuk membantu seseorang mencapai kesadaran yang lebih tinggi dan kesejahteraan fisik dan mental. Awal masuknya yoga ke indonesia terjadi pada awal tahun 1900-an, ketika para pelajar Indonesia yang belajar di India membawa kembali praktik yoga ke Indonesia. Sejak saat itu, yoga telah menjadi salah satu olahraga yang populer di Indonesia. Di Indonesia, Yoga memiliki sebuah induk organisasi yaitu Organisasi Yoga Indonesia (IYO) adalah sebuah organisasi non-profit yang didirikan pada tahun 1975 untuk mempromosikan dan mengembangkan yoga di Indonesia. IYO terdiri dari anggota yang terdiri dari para guru yoga, instruktur yoga, dan praktisi yoga lainnya. IYO juga menyelenggarakan acara-acara dan kegiatan-kegiatan untuk mempromosikan yoga di Indonesia, serta menyediakan pelatihan dan sertifikasi untuk para guru dan instruktur yoga.

Gerakan-Gerakan Yoga

Ada banyak gerakan dasar dalam yoga yang dapat Anda lakukan, termasuk:

  • Tadasana (Posisi Berdiri)
  • Uttanasana (Posisi Kaki Ditekuk)
  • Adho Mukha Svanasana (Posisi Kucing)
  • Chaturanga Dandasana (Posisi Plank)
  • Upward-Facing Dog (Posisi Anjing)
  • Downward-Facing Dog (Posisi Anjing Terbalik)
  • Virabhadrasana I (Posisi Warrior I)
  • Virabhadrasana II (Posisi Warrior II)
  • Trikonasana (Posisi Segitiga)
  • Parsvottanasana (Posisi Sisi Tiang)

Masing-masing gerakan memiliki manfaat yang berbeda bagi tubuh dan pikiran, seperti meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan. Ada banyak variasi gerakan yoga yang dapat Anda coba, tergantung pada tingkat keahlian dan tujuan Anda. Juga, pastikan untuk mematuhi instruksi yang diberikan oleh guru yoga atau instruktur yoga Anda untuk menghindari cedera.

Boleh Dan Tidak Boleh

Pada umumnya, yoga tidak memiliki batasan umur, namun ada beberapa gerakan atau variasi yang mungkin tidak cocok bagi orang-orang dengan kondisi fisik tertentu atau usia yang lebih tua. Jika Anda memiliki masalah kesehatan atau kekhawatiran tentang kemampuan Anda untuk melakukan yoga, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau guru yoga Anda sebelum memulai praktik yoga. Untuk orang hamil, yoga dapat menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan fisik dan mental selama kehamilan. Akan tetapi ada beberapa gerakan atau posisi yang mungkin tidak cocok bagi wanita hamil, seperti posisi terbalik atau posisi yang menekan bagian bawah perut. Bagi anda yang memiliki permasalahan kesehatan secara spesifik, seperti tekanan darah tinggi, cedera tulang, atau masalah sendi, ada beberapa gerakan atau variasi yang mungkin perlu dihindari atau diadaptasi agar sesuai dengan kebutuhan anda. Selain itu, ada beberapa pantangan yang perlu diperhatikan saat melakukan yoga, terutama bagi pemula. Berikut ini sedikit tips yoga bagi pemula atau yang baru beberapa bulan mengikuti kelas yoga yang bisa dijadikan sebagai rambu-rambu:

  • Jangan mengikuti gerakan yang terlalu sulit atau tidak sesuai dengan tingkat keahlian anda. Jangan terlalu terburu-buru untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi, terutama jika anda masih pemula.
  • Jangan melakukan gerakan yang menyakiti atau tidak nyaman. Yoga harus menyenangkan, jadi jika anda merasa tidak nyaman saat melakukan gerakan tertentu, lebih baik menghindari gerakan tersebut atau mencari variasi yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.
  • Jangan melakukan yoga saat perut kosong atau terlalu kenyang. Yoga dapat menyebabkan sakit perut jika anda melakukannya saat perut kosong, sedangkan jika terlalu kenyang, anda mungkin akan merasa terlalu lelah atau tidak nyaman untuk melakukan gerakan bahkan dikhawatirkan akan muntah.
  • Jangan melakukan yoga saat sakit atau merasa tidak sehat. Yoga dapat membantu meningkatkan kesehatan, namun jika Anda sedang sakit atau merasa tidak sehat, lebih baik tidak melakukan yoga dan menunggu sampai anda merasa lebih baik.
  • Jangan melakukan yoga tanpa pengawasan atau instruktur yang terlatih. Sebaiknya melakukan yoga dengan guru atau instruktur yang terlatih, agar Anda dapat memperoleh panduan yang tepat dan menghindari cedera.

Yoga Sambil Mendengarkan Music

Musik dapat membantu memperkuat suasana dan meningkatkan konsentrasi saat melakukan yoga, namun tidak selalu diperlukan. Banyak guru atau instruktur yoga yang memutuskan untuk tidak menggunakan musik saat memberikan kelas yoga, karena mereka ingin agar peserta kelas fokus pada pernapasan dan gerakan tubuh mereka sendiri. Demikian pula sebaliknya ada beberapa guru atau instruktur yoga yang menggunakan musik sebagai latar belakang saat memberikan kelas, terutama jika musik tersebut membantu peserta kelas merasa lebih rileks atau terfokus. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan musik saat melakukan yoga, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Pilih musik yang memiliki irama yang sesuai dengan gerakan tubuh anda. Misalnya, musik dengan irama yang lebih lambat dapat membantu anda merasa lebih rileks saat melakukan gerakan yoga yang lebih lambat, sementara musik dengan irama yang lebih cepat dapat membantu Anda merasa lebih terfokus saat melakukan gerakan yoga yang lebih cepat.
  • Pilih musik yang tidak terlalu mengalihkan perhatian. Musik yang terlalu mencolok atau mengganggu dapat mengalihkan perhatian anda dari gerakan yoga yang sedang anda lakukan.
  • Jangan lupa untuk memperhatikan tingkat volume musik. Pastikan volume musik tidak terlalu keras sehingga mengganggu orang lain atau mengalihkan perhatian Anda dari gerakan yoga yang sedang anda lakukan.

Yoga dapat membantu meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan, dan kesejahteraan fisik dan mental. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mereka sebelum anda memulai latihan perdana anda. Selamat melakukan yoga!