Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal

gambar tersebut menyebutkan tentang cara budidaya ikan gabus di kolam terpal gambar tersebut menyebutkan tentang cara budidaya ikan gabus di kolam terpal

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal

Guna menambah pemasukan dan mengisi waktu luang selama pandemi corona, banyak orang mulai belajar cara budidaya ikan gabus. Ikan predator yang hidup di air tawar ini dipilih karena harga jual yang cukup tinggi. Selain itu, ikan gabus memiliki khasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit berbahaya.

Ikan dengan nama latin channa striata ini memang sangat mudah dibudidayakan. Bahkan, kamu dapat menggunakan media kolam terpal bagi budidayawan pemula. Akan tetapi, membudidayakan ikan yang satu ini juga butuh keuletan dan pengetahuan lebih dalam agar bibit-bibit tidak mudah mati.

Sebab, ikan ini termasuk hewan kanibal ketika masih menjadi larva atau bibit muda. Sehingga, kamu wajib mengecek kondisi bibit dalam kolam terpal secara rutin. Tujuannya agar bibit-bibit ikan dapat dipanen tepat waktu.

Ini Dia Cara Budidaya Ikan Gabus dengan Media Kolam Terpal

Membudidayakan predator air tawar ini memang dapat dikatakan gampang-gampang susah. Bagi para pemula, kamu wajib mengetahui cara membudidayakan ikan yang dikenal memiliki rasa gurih dan berkhasiat ini.

Ikan ini dapat dibudidayakan menggunakan media apapun, termasuk kolam terpal. Maka dari itu, ini dia beberapa cara budidaya ikan gabus menggunakan media kolam terpal. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Membuat Kolam Terpal

Pertama, persiapkan kolam terpal untuk membudidayakan ikan gabus ini. Buat kubangan pada tanah dan lapisi dengan kain terpal. Kemudian, tuangkan air bersih agar bibit-bibit dapat tumbuh dengan normal.

  1. Menyiapkan Indukan Unggul

Kedua, pilih dan siapkan indukan unggulan. Pilih indukan betina yang siap kawin. Kemudian, pijat perut indukan betina agar sel telur keluar. Tampung sel telur pada wadah khusus. Kemudian, lakukan pemijahan agar sel telur dibuahi dengan indukan jantan. Setelah itu, semai benih ke kolam khusus pembibitan.

  1. Pelepasan Bibit ke Kolam Terpal

Ketiga, lepas benih ikan yang berusia remaja ke kolam terpal. Pastikan kamu telah menebar pakar secara merata ke kolam terpal. Jika tidak, maka larva-larva akan saling memakan satu sama lain. Untuk itu, kamu wajib melakukan beberapa cara budidaya ikan gabus secara runtut.

  1. Pemeliharaan Benih

Jika telah memasuki usia 3 bulan hingga 4 bulan, maka ikan ini bisa kamu beri makan pelet. Gunakan pakan berkualitas agar predator air tawar ini dapat tumbuh sehat dan mencapai bobot ideal. Usahakan memberi makan secara rutin minimal 2-3 kali dalam satu hari.

  1. Masa Panen

Dan yang terakhir adalah masa panen. Masa panen dari ikan karnivora ini setelah memasuki usia 6 bulan. Silahkan kamu pilih jenis ikan gabus yang memiliki bobot ideal. Semakin besar bobot ikan gabus, maka semakin tinggi pula harga jual yang diberikan.

Kesulitan yang Dialami Budidayawan Pemula dalam Mengembangbiakkan Ikan Gabus

Sebagai budidayawan pemula, kamu tentu kerap mengalami kesulitan saat mengembangbiakkan hewan karnivora air tawar ini. Kesulitan pertama tentu saja ada pada modal. Membeli indukan unggulan tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, kumpulkan modal terlebih dahulu sebelum menekuni usaha budidaya.

Kesulitan selanjutnya untuk menerapkan cara budidaya ikan gabus di kolam terpal ini adalah perkara lahan. Untuk membuat kolam dengan alas terpal ini membutuhkan lahan yang cukup luas. Sehingga, bagi kamu yang tidak memiliki lahan luas tentu kesulitan untuk menggunakan metode tersebut. Alhasil, kamu dapat memilih menggunakan media kolam akuarium atau sejenisnya untuk budidaya karnivora air tawar ini.

Kesulitan kedua tentu saja dalam pemilihan pangan. Hewan yang menjadi predator dari air tawar ini memang selalu pilih-pilih pakan. Alhasil, kamu wajib mengerti dan mengetahui jenis pakan yang cocok untuk ikan gabus. Jika salah, maka ikan gabus tentu saja tidak mau makan pakan yang tidak sesuai seleranya.

Selain itu, ikan ini juga tidak mau jika kolam tempat pembudidayaan ini terlalu kotor. Sebagai pemilik, kamu juga harus membersihkan kolam pembudidayaan secara rutin agar ikan gabus tetap sehat dan dapat dijual dengan harga tinggi ketika memasuki masa panen.

Ikan gabus merupakan salah satu jenis predator air tawar yang sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit tertentu. Maka dari itu, harga banderolnya pun terbilang tinggi. Anda perlu belajar tentang tata cara budidaya ikan gabus guna mendapat keuntungan tambahan di tengah pandemi corona.